get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak, India dan China Memimpin, Indonesia Mengejutkan!

Berasal Dari Dusun Terpencil, Droupadi Murmu Terpilih Jadi Presiden India

Jum'at, 22 Juli 2022 | 12:02 WIB
header img
Droupadi Murmu terpilih sebagai Presiden India yang baru. Foto:Reuters

MUMBAI, iNewsPandeglang.id -  Seorang wanita Bernama Droupadi, Beliau mantan guru dari dusun terpencil terpilih sebagai Presiden India yang baru , Kamis (21/7/2022), berdasarkan hasil pemilihan umum di parlemen.

Murmu menjadi presiden pertama India dari kalangan suku terpencil negara itu. Perempuan 64 tahun yang juga mantan guru itu menjadi perempuan kedua yang menduduki kursi presiden. Dia akan dilantik pada Senin (25/7/2022) untuk masa jabatan 5 tahun, menggantikan pendahulunya, Ram Nath Kovind.

Murmu mendapat dukungan dari mayoritas 4.500 anggota parlemen pusat dan daerah dalam pemilihan yang digelar pada Senin lalu. Penghitungan suara dilakukan pada Kamis kemarin. Kemenangan Murmu tak lain karena dukungan dari partai berkuasa yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, yakni Partai Bharatiya Janata (BJP). Partai Modi menguasai parlemen di pusat maupun daerah. "Seorang perempuan India berasal dari komunitas suku yang lahir di daerah terpencil India timur terpilih sebagai Presiden kita," kata Modi, dalam cuitan, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (22/7/2022).

Murmu lahir di keluarga Suku Santhal Negara Bagian Odisha. Dia memulai karier sebagai guru serta aktif di kegiatan sosial masyarakat. Murmu kemudian terjun ke politik dan menjadi anggota parlemen daerah di Odisha melalui BJP.
Setelah itu Murmu memenangkan jabatan gubernur Negara Bagian Jharkhand. Murmu mengalahkan kandidat presiden dari oposisi, Yashwant Sinha, yang juga pengkritik kebijakan Modi.


Perolehan suarnya terpaut jauh di atas Sinha, yakni hampir dua kali lipat. Jabatan presiden di India sebagian besar dianggap seremonial meski juga bertindak sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata. Kunci kebijakan tetap berada di tangan perdana menteri sebagai penguasa eksekutif

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut