get app
inews
Aa Read Next : Lee Min Ho Sampaikan Turut Berduka atas Tragedi di Kanjuruhan, Netizen Terharu

Piala AFF U-19 2022: Didesak Netizen Hengkang dari AFF, Ini Respons PSSI

Selasa, 12 Juli 2022 | 15:16 WIB
header img
PSSI mengajukan protes atas hasil imbang 1-1 antara Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 (Foto: MPI/iNews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Netizen Tanah Air tampaknya masih terluka dengan gugurnya Timnas Indonesia U-19 dari Piala AFF U-19 2022. Oleh sebab itu, netizen meminta PSSI untuk keluar dari AFF.

 

Permintaaan itu pun mendapatkan tanggapan dari Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Akan tetapi, PSSI kini fokus dengan protes kepada AFF atas hasil pertandingan Vietnam U-19 kontra Thailand U-19 pada pekan pamungkas Grup A yang membuat Garuda Nusantara tersingkir.

 

Seperti diketahui, pertandingan antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19 menuai kontroversi. Kedua tim dianggap telah memainkan sepakbola gajah karena tidak fair play.

 

Setelah Vietnam U-19 bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1, kedua tim tampak hanya memutar-mutarkan bola tanpa ada niatan untuk menyerang. Alhasil, skor 1-1 bertahan hingga pertandingan berakhir yang membuat kemenangan 5-1 Timnas Indonesia U-19 atas Myanmar U-19 tidak berarti.

 

Iwan Bule -sapaan akrab Iriawan- menyatakan, PSSI begitu terluka dengan kejadian itu. Oleh sebab itu, PSSI akan mengajukan protes pada AFF.

 

“Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka,” kata Iwan Bule, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/7/2022).

 

PSSI pun telah membuat surat protes yang ditujukan pada AFF. PSSI berharap pihak AFF dapat mengadakan investigasi mengenai apa yang terjadi dalam pertandingan Vietnam U-19 kontra Thailand U-19.

 

“Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak,” ujarnya.

 

Meski begitu, Iwan Bule mengaku akan menerima jika hasil investigasi menunjukkan tidak ada pelanggaran. Hanya saja, PSSI membutuhkan kepastian setelah dorongan untuk meninggalkan AFF menguat dari netizen.

 

“Kalau tidak terbukti, ya, tidak masalah. Saat ini, banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,” pungkas Iwan Bule.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut