get app
inews
Aa Read Next : Raih Penghargaan Bergengsi Grand Duo Award, Wali Kota Helldy Dinobatkan Tokoh Pejabat Inovatif

Pemkab Pandeglang Akan Meniru Tata Kelola Sampah Dari Kota Cilegon 

Kamis, 07 Juli 2022 | 21:46 WIB
header img
Bupati Pandeglang, Irna Narulita kunjungi Kota Cilegon. Study banding akan meniru Cilegon Dalam Pengelolaan Sampah. (Foto istimewa/iNews)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id – Untuk bisa mengatasi persoalan sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melakukan studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon, Kamis (07/07/2022).

 

Kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Pandeglang ke Kota Baja itu disambut langsung Walikota Cilegon Helldy Agustian di Rumah Dinas Walikota Cilegon.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Irna Narulita mengatakan dipilihnya Kota Cilegon untuk studi pengelolaan sampah, karena Pemkot Cilegon sudah teruji dan berprestasi dalam pengelolaan sampah yang terintegrasi.

 

“Studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon sudah kami rencanakan sebelumnya, dimana Pemkot Cilegon dalam urusan sampah malah menjadi pendapatan yang cukup besar terhadap PAD Cilegon," ungkap Bupati Irna.

 

Dikatakan Irna, bahwa pengelolaan sampah yang diterapkan di Kota Cilegon harus menjadi contoh bagi Pemda Pandeglang.

 

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah. Untuk itu, dalam pengelolaan sampah Pemkot Cilegon bekerjasama dengan perusahaan BUMN yakni PLN dengan PLTU. Dan di Kabupaten Pandeglang sendiri sudah ada PLTU Labuan kenapa tidak kita dorong kerjasama ini agar kedepan permasalahan sampah ini lebih efektif dan menghasilkan pendapatan bagi Pemerintah daerah," katanya.

 

Ditambahkan Irna, pengelolaan sampah saat ini di Kabupaten Pandeglang dikelola oleh pihak ketiga dan kerjasama tersebut hanya menghasilkan pendapatan sekitar Rp 350 juta per tahun. Dan kalau melihat pengelolaan sampah di Kota Cilegon justru bisa menghasilkan pendapatan miliaran, karena urusan sampah ini dikelola dengan baik oleh Pemerintah setempat.

 

“Pengelolaan sampah di Kota Cilegon ini patut kita tiru dan diterapkan di Kabupaten Pandeglang, sehingga urusan sampah ini tidak hanya untuk kebersihan saja akan tetapi bisa menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah," harapnya.

 

Sementara Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan Cilegon menjadi kota pertama di Indonesia yang telah berhasil merubah sampah menjadi bahan bakar briket batu bara, tentu saja hal ini menjadi keberhasilan tersendiri bagi Pemerintah Kota Cilegon.

 

“Dalam pengelolaan sampah ini kita bekerjasama dengan PLN dan PLTU, sehingga urusan sampah ini bisa terintegrasi dengan baik dan dari sampah ini bisa dimanfaatkan menjadi briket batu bara, tentu saja pengelolaan sampah ini bisa menghasilkan pendapatan bagi Pemkot Cilegon," tuturnya.

 

“Kami akan bantu semaksimal mungkin untuk Pemkab Pandeglang dalam hal pengelolaan sampah, dari nol sampai menghasilkan, karena dalam rangka pembelajaran pengelolaan sampah ini kita sudah mendapat kunjungan dari 10 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Pandeglang," sambungnya lagi.

 

Dalam kegiatan studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon, Bupati Irna Narulita bersama Walikota Cilegon Helldy Agustian melakukan penandatanganan kerjasama pengelolaan sampah serta meninjau lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut