Ricuh Antrean di Pelabuhan Merak, ASDP Minta Maaf: 21 Mobil Gagal Naik Kapal karena Salah Koordinasi

Iskandar Nasution
Sejumlah mobil antre masuk ke dalam kapal feri di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak. Foto: Dok/Iskandar Nasution

MERAK, iNewsPandeglang.id PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akhirnya angkat bicara soal kericuhan antrean kendaraan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pada Jumat (4/7/2025). Dalam keterangannya, ASDP meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna jasa penyeberangan.

Kejadian bermula saat kapal KMP Sebuku mulai sandar di dermaga VI sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu, antrean kendaraan kecil di area parkir sudah memanjang hingga empat blok, dengan estimasi mencapai 250 mobil. Ada juga sekitar 20 kendaraan besar yang ikut antre.

Untuk mempercepat proses muat, petugas membagi kendaraan kecil ke dua bagian kapal: upper deck dan car deck. Namun sekitar pukul 15.00 WIB, terjadi miskomunikasi antara petugas lapangan dan petugas di atas kapal. Akibatnya, sebanyak 21 mobil kelebihan diarahkan ke car deck, padahal kapasitas kapal sudah penuh.

Sebagai solusi cepat, pihak ASDP langsung berkoordinasi dengan operator KMP Batumandi yang dijadwalkan sandar setelahnya. Seluruh kendaraan yang tertunda diberangkatkan pada pukul 16.30 WIB melalui kapal tersebut.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini dan memastikan evaluasi internal dilakukan agar tidak terulang kembali,” ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, dalam keterangan tertulis.

ASDP berkomitmen terus meningkatkan layanan dan menjamin kelancaran arus penyeberangan, khususnya di lintas Merak–Bakauheni.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network