Geger! Wasit Ahmed Al Kaf Diancam Santet, FA Oman Tuntut Keadilan ke FIFA

Reynaldi Hermawan
Wasit Ahmed Al Kaf menjadi sorotan setelah mendapat ancaman dari suporter Timnas Indonesia usai laga melawan Bahrain. FA Oman menuntut tindakan tegas dari FIFA dan AFC. Foto X

RIFFA, iNewsPandeglang.id - Wasit internasional asal Oman, Ahmed Al Kaf, menjadi pusat kontroversi usai memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Bahrain dan Timnas Indonesia. Keputusan Al Kaf yang dianggap merugikan Tim Garuda memicu kemarahan suporter Indonesia, hingga muncul ancaman ekstrem, termasuk santet dan pembunuhan.

Kemarahan suporter Indonesia meledak setelah Al Kaf memberikan waktu tambahan yang kontroversial. Meski secara resmi hanya memberikan enam menit tambahan waktu, ia baru meniup peluit panjang setelah Bahrain berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+9 melalui Mohamed Marhoon. Kejadian itu langsung memicu kemarahan para pendukung Indonesia yang merasa kemenangan timnya telah "dicuri."

Tak hanya serangan verbal, berbagai ancaman serius dilontarkan kepada Al Kaf di media sosial. Akun media sosial sang wasit bahkan terpaksa menghilang setelah dibanjiri ribuan komentar dari netizen Indonesia yang murka. Beberapa oknum suporter bahkan mengancam akan menggunakan ilmu hitam atau santet sebagai bentuk protes terhadap keputusan kontroversial tersebut.

Merespons serangan terhadap wasit kebanggaannya, Asosiasi Sepak Bola Oman (FA Oman) pun angkat suara. Dalam pernyataan resmi, mereka mengutuk keras ancaman dan intimidasi yang diterima Al Kaf dan asistennya, serta meminta FIFA dan AFC untuk mengambil tindakan tegas guna melindungi para wasit.

“Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk keras serangan yang tidak beralasan serta penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi terhadap wasit internasional Ahmed Al Kaf setelah pertandingan Bahrain melawan Indonesia,” tulis FA Oman dalam pernyataan resmi mereka.

Lebih lanjut, FA Oman menegaskan bahwa sepanjang sejarah, wasit-wasit asal Oman selalu menjunjung tinggi profesionalisme, transparansi, dan integritas. Mereka meminta FIFA dan AFC untuk segera turun tangan dan memberikan perlindungan yang memadai demi menjamin keamanan para pengadil lapangan hijau, terutama setelah Al Kaf harus membatalkan tugasnya di Liga Champions Asia karena alasan keamanan.

"Asosiasi Sepak Bola Oman mendesak FIFA dan AFC untuk mengambil tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku, demi melindungi wasit serta menjamin keamanan dan keselamatan mereka," lanjut pernyataan tersebut.

Di tengah derasnya kritik dan tekanan, FA Oman juga menyampaikan dukungannya terhadap Al Kaf dan percaya bahwa sang wasit memiliki kompetensi tinggi yang menjadikannya bagian dari wasit elit di Asia. Mereka berjanji untuk terus memberikan dukungan penuh dan berharap agar Al Kaf dapat melanjutkan karier internasionalnya dengan sukses.

Kini, perhatian publik tertuju pada langkah apa yang akan diambil FIFA dan AFC untuk menangani kasus Ahmed Al Kaf ini. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network