Perayaan HUT ke-79 TNI: Mengapa 5 Oktober Menjadi Tanggal Penting dalam Sejarah?

Tim iNews
Puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung meriah pada Sabtu (5/10/2024), ditandai dengan defile pasukan dan parade alutsista yang memukau. Foto iNews TV

JAKARTA, iNewsPandeglang.id Hari ini, Sabtu (5/10/2024), Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan ulang tahunnya yang ke-79. Perayaan ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Namun, tahukah Anda mengapa tanggal 5 Oktober dipilih sebagai hari jadi TNI?

Tanggal ini berakar dari sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tepat pada 5 Oktober 1945, pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan maklumat yang mendirikan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang merupakan cikal bakal TNI. Pembentukan TKR dilandasi oleh kebutuhan mendesak untuk melindungi kedaulatan Indonesia dari ancaman kembalinya kolonial Belanda dan Sekutu setelah proklamasi kemerdekaan.

Lahirnya TNI dari BKR

Sebelum TKR dibentuk, ada Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang didirikan pada 23 Agustus 1945. BKR adalah lembaga semi-militer yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban pasca-kemerdekaan. Namun, melihat ancaman militer yang semakin nyata, pemerintah merasa perlu mendirikan organisasi militer yang lebih terstruktur.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network