Jadi Tontonan Warga, Hiu Mati Terdampar di Pesisir Pantai Cihara Lebak

Eman
Warga Cihara, Lebak, heboh dengan penemuan hiu bintang mati terdampar di Pantai Cihara, Lebak, Banten Penemuan ini menjadi tontonan dan menarik perhatian warga. Foto iNews/Eman

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Kejadian langka mengejutkan warga sekitar Pantai Cihara, Lebak, Banten  pada Jumat (27/9/2024), saat seekor ikan yang disebut-sebut hiu bintang ini terdampar dalam kondisi mati. 

Penemuan yang mencuri perhatian ini tidak hanya mengundang rasa ingin tahu, tetapi juga kerumunan warga yang penasaran untuk melihat lebih dekat ikan besar diperkirakan  berukuran sekitar lima meter dan berat lebih dari satu ton tersebut.

Penemuan ini juga menjadi sorotan di media sosial, saat video yang menunjukkan kerumunan warga menyebutnya di Pantai Pasput, mereka penasaran. Dalam video tersebut, seorang warga tampak bertanya, “Apakah boleh ini dagingnya?” yang mencerminkan rasa ingin tahu masyarakat mengenai nasib ikan besar yang tak biasa ini.

Jaya, seorang warga setempat, menjelaskan upaya penyelamatan yang dilakukan. “Tadinya kami berencana menariknya kembali ke laut, tetapi sayangnya hiu itu sudah dalam kondisi lemah dan akhirnya mati. Ikan tersebut dipotong-potong karena berat kemudian dikuburkan untuk mencegah bau yang tak sedap,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa ikan hiu bintang ini dilindungi oleh pemerintah, sehingga pemanfaatan yang tidak sesuai aturan tidak diperbolehkan.

Burok, warga lainnya, menambahkan bahwa ia belum pernah menyaksikan kejadian serupa seumur hidupnya. Peristiwa terdamparnya ikan tersebut pada pukul 10.00 WIB. “Kejadian ini sangat langka. Hiu bintang seberat satu ton ini membuat banyak orang berkumpul untuk melihatnya,” ungkap Burok. 

Camat Cihara, Asep Kusnandar, turut menjelaskan bahwa setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten mengenai langkah yang harus diambil. “Kami memutuskan untuk menguburkan ikan tersebut, tetapi karena bobotnya yang berat, masyarakat memilih untuk memotongnya sebelum penguburan,” jelas Asep. 

Saat ini, pihak berwenang masih menyelidiki penyebab pasti terdamparnya hiu ini, apakah disebabkan oleh perubahan arus laut atau faktor lainnya. Meski banyak spekulasi beredar, masyarakat berharap akan ada penjelasan resmi mengenai keamanan ikan ini untuk dikonsumsi.

Dengan kejadian langka ini, Pantai Cihara kini menjadi pusat perhatian, menambah daftar fenomena alam yang menghebohkan di wilayah Lebak.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network