Bencana di Lebak: Angin Puting Beliung Hancurkan Rumah Adat Baduy

Sopian Sauri

LEBAK, INewsPandeglang.id Angin puting beliung yang melanda Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak pada Rabu (25/9/2024) menghancurkan tujuh rumah warga adat Baduy. Rumah-rumah yang terbuat dari material kayu dan bambu tersebut mengalami kerusakan berat, dengan dua rumah rata dengan tanah, sementara lima lainnya mengalami kerusakan ringan.

Dalaops BPBD Lebak, Mahmudin, mengonfirmasi bahwa pihaknya langsung mengirimkan tim untuk asesmen dan menyalurkan bantuan setelah menerima laporan dari warga. "Setelah ada laporan kejadian angin puting beliung, kami segera menurunkan personil untuk melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk membawa bantuan logistik," kata Mahmudin, Kamis (26/9/2024).

Mahmudin menambahkan bahwa hasil asesmen menunjukkan ada tujuh rumah yang terdampak. "Dua rumah mengalami kerusakan berat, sementara lima rumah lainnya mengalami kerusakan ringan," jelasnya. Kerugian diperkirakan mencapai Rp60 juta untuk tiap rumah yang rusak parah.

Saat ini, warga yang rumahnya rusak berat telah mengungsi ke tempat aman sementara menunggu bantuan lebih lanjut dari pemerintah dan pihak terkait. "Kami akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk tindakan selanjutnya, memastikan bantuan cepat tersalurkan," tambah Mahmudin.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material cukup besar. Mahmudin memastikan BPBD Lebak telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyalurkan bantuan logistik dan menyediakan tempat pengungsian sementara. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network