PDIP Dikabarkan Batal Usung Anies di Pilgub Jakarta, Ternyata Ini Penyebabnya

Feldy Aslya Utama
Anies Baswedan datang ke kantor DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta dan disambut hangat oleh Prasetyo Edi Marsudi pada hari Sabtu 24 Agustus 2024. Foto Dok

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - PDI Perjuangan (PDIP) dikabarkan membatalkan rencana mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur (Cagub) di Pilgub Jakarta 2024. Pengumuman calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta dari PDIP yang semula dijadwalkan pada Senin (26/8/2024) batal dilakukan. 

Pimpinan PDIP, termasuk Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, masih mempertimbangkan berbagai aspek strategis dan politik sebelum mengumumkan calon resmi. Keputusan ini memerlukan analisis mendalam mengenai potensi kemenangan dan dukungan dari berbagai pihak.

Menurut keterangan dari internal partai, penundaan ini terjadi karena masih adanya proses pertimbangan dan diskusi lebih lanjut di kalangan pimpinan partai. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menyatakan bahwa keputusan akhir mengenai Cagub Jakarta sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kita masih menunggu arahan dari ibu ketua umum. Ada beberapa hal yang masih perlu dipertimbangkan sebelum keputusan diumumkan," ujar Djarot. 

Penundaan ini memperkuat spekulasi tentang nama-nama yang akan diusung, termasuk Pramono Anung dan Rano Karno, yang disebut-sebut sebagai kandidat potensial.

Terdapat aspirasi dan masukan dari struktur partai di tingkat bawah mengenai calon yang dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan dan situasi politik saat ini. Oleh karena itu, partai memutuskan untuk menunda pengumuman sampai mendapatkan keputusan final.

Keputusan ini menyebabkan spekulasi mengenai calon yang akan diusung PDIP di Pilgub Jakarta, termasuk nama-nama seperti Pramono Anung dan Rano Karno yang juga muncul dalam perbincangan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network