Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten Gelar Latihan SAR Beregu Gunung Hutan di Pandeglang

Iskandar Nasution
Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten menggelar Latihan SAR Beregu Gunung Hutan di Gunung Pulosari, Pandeglang. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yang diikuti oleh rescuer dari kantor pusat dan Unit Siaga SAR, Jumat (28/6/2024). Foto Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten menggelar Latihan SAR Beregu Gunung Hutan di Gunung Pulosari, Pandeglang. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yang diikuti oleh rescuer dari kantor pusat dan Unit Siaga SAR, Jumat (28/6/2024).

Pembukaan dan pembekalan materi dilakukan secara klasikal di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten. Sedangkan aplikasi lapangan dilakukan di area pendakian Gunung Pulosari via Cihunjuran.

Latihan ini bertujuan untuk mempertajam dan meningkatkan keterampilan para rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan, khususnya dalam jungle rescue. Hal ini diharapkan dapat memberikan pelayanan SAR yang cepat, efektif, dan efisien bagi masyarakat.

Selain mereview pengetahuan teori dan keterampilan para rescuer dalam pencarian dan pertolongan di gunung dan hutan, kegiatan ini juga menguji kemampuan fisik petugas dalam melaksanakan tugas dengan beban berat. Operasi SAR di gunung dan hutan jarang dilakukan, namun tetap perlu kewaspadaan dan kesiapan penuh.

Kasie Siaga dan Operasi, Haiore Amir Abyan Binis, menjelaskan, "Latihan ini untuk menguji rescuer dalam pencarian dan pertolongan di gunung dan hutan. Latihan ini bagian dari refresh ilmu secara beregu," katanya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, Al Amrad, menambahkan, "Kepada seluruh pegawai di lingkungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten agar tetap bekerja keras dengan penuh keikhlasan. Tantangan kita ke depannya akan semakin tinggi. Untuk itu, laksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab yang tinggi pul," ujarnya.

Latihan SAR Beregu Gunung Hutan ini merupakan langkah penting untuk memastikan kesiapsiagaan dan kemampuan para rescuer dalam menghadapi situasi darurat di medan gunung dan hutan, sehingga mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal demi keselamatan masyarakat.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network