Pelindo Regional 2 Banten Dipastikan Siap Hadapi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2024

Iskandar Nasution
Pelabuhan Ciwandan atau Pelindo Regional 2 Banten siap layani arus mudik Lebaran 2024. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - PT Pelindo Regional 2 Banten menegaskan kesiapannya untuk melayani arus mudik angkutan lebaran tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera, dengan tujuan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pelabuhan Ciwandan dipilih sebagai alternatif untuk mengurangi antrian di Pelabuhan Merak-Bakauheni selama periode angkutan lebaran 2024.


General Manager Pelindo Regional 2 Banten, Yohanes W Situmeang. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

General Manager Pelindo Regional 2 Banten, Yohanes W Situmeang, menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak.

"Kami siap mendukung program pemerintah dalam kelancaran arus mudik di Pelindo Ciwandan, Banten untuk mengurangi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak" ujarnya, Selasa (26/3/2024)

Pelabuhan Ciwandan, yang dimiliki oleh PT Pelindo (Persero), telah dipilih oleh Pemerintah sebagai pelabuhan yang ditetapkan untuk penyeberangan mulai tanggal 3 April 2024 pukul 00.00 WIB hingga tanggal 9 April 2024 pukul 24.00 WIB khusus untuk kendaraan roda dua dan truk (Golongan VIb dan Golongan VII). Langkah ini diambil untuk membantu mengurangi kepadatan antrian di Pelabuhan Merak-Bakaheuni selama periode angkutan lebaran tahun 2024.

Fasilitas yang disediakan termasuk dermaga, area parkir untuk motor dan truk, serta layanan keamanan yang beroperasi 24/7. Dukungan juga diberikan dalam hal petugas pandu dan kapal tunda, serta fasilitas tambahan seperti posko tenda, toilet umum, ruang P3K, dan tenda UMKM.

Kegiatan angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan juga didukung oleh berbagai instansi terkait, termasuk penyediaan petugas kesehatan dan satu unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten.

Selain itu, penyediaan petugas KSOP Kelas I Banten, petugas keamanan dari Kepolisian Setempat (KSKP), dan petugas dari BPTD Wilayah VIII Banten juga turut mendukung kelancaran operasional di pelabuhan tersebut. "Kerja sama lintas-instansi ini penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama periode angkutan lebaran," demikianlah disampaikanYohanes W Situmeang,

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network