2 Kereta Api di Bandung 'Adu Banteng', Begini Kronologinya

Agus Warsudi
Insiden kecelakaan dua kereta api bertabrakan di petak Jalan Cicalengka-Haurpuguh pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB. Foto Istimewa

BANDUNG, iNewsPandeglang.id - Kecelakaan antara KA 350 Commuterline Bandung Raya dan Pib 65A Turangga di petak Jalan Haurpugur-Cicalengka, Km 181+700, pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.30 WIB mengalami tabrakan yang disebut sebagai adu banteng. Peristiwa kecelakaan ini sedang dalam penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya.

Kronologi tabrakan kereta bermulai saat KA Turangga bergerak dari Surabaya Gubeng menuju Bandung, sementara dari arah berlawanan, Commuterline Bandung Raya bergerak dari Padalarang menuju Cicalengka. 

Akibat tabrakan keras tersebut, tiga gerbong Commuterline anjlok, sedangkan KA Turangga mengalami anjlokan pada 8 gerbongnya. Kecelakaan ini juga mengakibatkan kerusakan serius pada kedua kereta, bahkan sampai pada tingkat gerbong yang keluar dari rel. 

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, membenarkan kejadian kecelakaan antara KA Turangga dan KA lokal di petak jalan Cicalengka-Haurpuguh pada Jumat, 5 Januari 2024, pukul 06.30 WIB. 

"Betul, kejadian pukul 06.30 Wib di petak jalan Cicalengka-Haurpuguh antara KA Turangga dengan KA lokal," kata Ayep dikutip dari iNews.id Jumat (5/1/2024).

Ayep Hanapi menyatakan bahwa kecelakaan kereta ini masih dalam tahap penyelidikan oleh PT KAI Daop 2 Bandung untuk mengetahui penyebabnya, dan mereka juga berkoordinasi dengan unit terkait. 

Dampak kecelakaan tersebut terlihat dari pengalihan perjalanan kereta ke Cikampek. Data yang diterima dari KAI menunjukkan bahwa perjalanan kereta api dari Bandung ke Jawa dan sebaliknya dialihkan melalui Cikampek. Sementara  Informasi terkait korban luka dan korban jiwa masih dalam pendataan tanpa keterangan resmi saat ini. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network