5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh, Nomor 3 Jarang Orang Tahu

Milati Azmiawati
(Foto: Freepik)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sebagian dari kita pasti pernah mendengar bahwa berjemur di bawah sinar matahari baik untuk tulang. Tapi, tahukah kamu kalau manfaat sinar matahari tidak hanya itu saja? Di balik hangatnya sinar matahari, ada segudang manfaat yang mungkin belum banyak orang tahu. Lantas, apa saja manfaat sinar matahari untuk tubuh kita yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya? Dikutip dari Select Health pada Rabu (09/08/2023), berikut ulasannya.

1. Mengurangi Stres

Manfaat sinar matahari yang pertama adalah mengurangi stres. Jadi, saat terkena sinar matahari, tubuh kita memproduksi zat bernama melatonin yang membantu mengurangi rasa stres. Selain itu, saat kita berada di luar, biasanya kita cenderung aktif bergerak, misalnya berjalan kaki atau berolahraga. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rasa stres.

2. Tulang Tetap Kuat

Salah satu cara mudah mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Vitamin D membantu tubuh mempertahankan kalsium dan menjaga agar tulang kita tetap kuat. Cukup berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari, terutama bagi kamu yang kulitnya mudah merah. Lakukan secara rutin setiap hari dan rasakan manfaatnya.
 

3. Tidur Lebih Nyenyak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tubuh kita memproduksi hormon bernama melatonin. Zat ini dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak pada malam hari. Berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari membantu mengatur jam biologis tubuh kita, sehingga kita bisa tidur lebih baik di malam hari.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Vitamin D memiliki peran yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh kita. Dengan membiasakan diri berada di luar ruangan dan mendapatkan paparan sinar matahari, sistem kekebalan tubuh kita bisa menjadi lebih kuat. Upaya ini juga dapat membantu kita melawan berbagai penyakit dan infeksi, serta mengurangi risiko kanker.
 

5. Mengatasi Depresi

Apakah kamu pernah merasakan kebahagiaan tersendiri saat berada di bawah sinar matahari? Ternyata hal itu bukan sekadar kebetulan. Karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar zat kimia bernama serotonin dalam tubuh kita. Serotonin ini membantu memperbaiki mood dan membuat kita merasa lebih tenang dan fokus. Jadi, berada di luar ruangan juga dapat membantu mengatasi perasaan sedih atau depresi.

Jadi, ada banyak alasan positif untuk kita keluar rumah dan menikmati sinar matahari. Tapi jangan lupa untuk tetap melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan pelindung seperti topi dan sunscreen.
 
 
 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network