Jelang Berangkat ke Tanah Suci, Ribuan Calon Haji di Pandeglang Banten Ikuti Manasik Haji

Iskandar Nasution
Menjelang berangkat ke Tanah Suci, ribuan calon haji di Pandeglang Banten Ikuti manasik haji. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id -  Berbagai persiapan dilakukan jemaah calon haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekah salah satunya bimbingan manasik haji sebagai bekal melaksanakan ibadah haji. Seperti salah satunya di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (22/5/2023).

Sebanyak 1254 jemaah haji asal Kabupaten Pandeglang, Banten mulai mengikuti manasik haji. Kegiatan tersebut merupakan langkah awal persiapan untuk keberangkatan ke tanah suci Mekah pada akhir Mei mendatang. 

Pantauan di lokasi, latihan manasik haji ini berlangsung di Cas Waterpark Cikole, Kecamatan Majasari. Di lokasi tersebut tersedia fasilitas manasik haji antara lain reflika Ka'bah, lintasan syar'i serta reflika Jamarat tempat jemaah lempar jumrah. Jemaah belajar mulai mengenakan pakaian ihram hingga pelaksanaan rukun haji.

"Setelah melaksanakan manasik haji, jemaah diharapkan mendapat pemahaman utuh agar melaksanakan ibadah secara benar sesuai tuntunan syariat islam," ucap Mucholid, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pandeglang.
 
Sementara salah seorang calon jemaah haji asal Kecamatan Cigeulis Madroin mengaku sudah mempersiapkan baik secara fisik maupun mental. Madroin merupakan jemaah calon haji tunda ini dengan serius mengikuti setiap tahapan manasik haji.

Untuk diketahui, pada 2023 ini jumlah kuota haji Kabupaten Pandeglang sebanyak 1254 jemaah yang terdiri dari jemaah lunas tunda, nomor urut porsi, lanjut usia dan cadangan yang berhak konfirmasi pembayaran pelunasan setoran biaya perjalanan ibadah haji atau BIPIH.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network