Aminah Cendrakasih Sang Aktris Legendaris dalam Kenangan

Epul Galih
Aminah Cendrakasih Sang Aktris Legendaris dalam Kenangan. Foto dok. Wikipedia

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Aminah Cendrakasih merupakan aktris kenamaan Indonesia. Bakat aktingnya diwarisi dari sang ibu, Aminah merupakan anak dari Wolly Sutinah atau lebih dikenal sebagai Mak Wok, yang juga merupakan aktris legandaris Indonesia.

Wanita kelahiran 29 Januari 1938 ini memulai kariernya di dunia hiburan sejak tahun 1950. Sejak merintis karier di dunia akting ia tercatat telah membintangi sejumlah film yang melambungkan namanya. 

Debutnya dimulai ketika membintangi film Rindu pada tahun 1951. Film lainya adalah Asrama Dara pada tahun 1958. Film ini ia bintangi bersama dengan sang ratu horor Indonesia, yaitu Suzzanna. Aminah Cendrakasih di film Benyamin Raja Lenong pada tahun 1975 serta lainnya. Mereka kembali dipertemukan dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.   

Di sinteron ini, ia didaulat berperan sebagai Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan hingga ia kemudian Populer dengan panggilan Mak Nyak. Logat betawinya yang kental dan selalu membekas dalam ingatan para penonton sinetron yang tayang tahun 1994 ini.

Rano Karno sebagai pemeran Doel dan sekaligus produser serial betawi fenomenal menyampaikan dukacita mendalam terhadap meninggalnya aktris senior ini. Rano dalam rekaman video yang diunggah di sosial media tersebut, bahkan memanggilnya dengan sebutan ibu. 

“Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatu, Innalililahi Waiinailaihi Rojiun, telah meninggal dunia ibunda tercinta, Ibunda Aminah Cendrakasih. Kita berdoa mudah-mudahan Allah memberikan kelapangan bagi almarhumah dan diterima di sisiNya,” tuturnya tak bisa menyembunyikan kesedihan.  

Bukan hanya Rano Karno, kepergian Mak Nyak juga meninggalkan duka cita bagi para penggemar sinetron dan film di Tanah Air. Sebagai aktris, kecintaan Aminah Cendrakasih terhadap dunia tak lekang dimakan usia. Meski kehilangan penglihatan akibat menderita sakit glaukomat, pemeran Mak Nyak ini masih turut berakting ketika serial Si Doel diangkat ke layar lebar Si Doel The Movie.

Atas dedikasinya itu Mak Nyak mendapatkan penghargaan khusus dari Juri Karya di Film Indonesia dalam ajang Indonesia Box Office Movie Awards (IBOMA) 2019, Jumat (5/4/2019) lalu.

Penghargaan Juri Karya di Film Indonesia IBOMA 2019 ini diberikan kepada Aminah Cendrakasih lantaran perannya di film Si Doel The Movie 1 dan 2.

Kini,  Maknya telah kembali dengan tenang setelah beberapa tahun menderita sakit. Meski telah tiada, Aminah Cendrakasih akan tetap dikenang oleh para pencintanya. Selamat jalan Mak Nyak!

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network