5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Yuk Simak!

Muhamad Sukardi
5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Yuk Simak! (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id Tenggorokan terasa panas  membuat Anda merasa tidak nyaman. Tak jarang, kondisi ini juga disertai dengan rasa nyeri, sulit menelan, hingga demam. Bukan hanya karena mengonsumsi makanan dan minuman yang panas, tenggorokan terasa panas juga dapat disebabkan berbagai kondisi tertentu, mulai dari yang ringan hingga berbahaya.

Penyebab tenggorokan terasa panas bisa sangat beragam. Beberapa penyebab yang paling umum biasanya karena udara panas atau alergi.  Meski demikian, masih ada penyebab lainnya. Misalnya, panas dalam dan sakit tenggorokan yang awalnya ditandai dengan gejala tersebut.

Lantas apa sih penyebab tenggorokan terasa panas? Berikut daftarnya seperti dirangkum dari Healthline, Rabu (30/11/2022).

1. Postnasal drip

Postnasal drip juga bisa menjadi penyebab tenggorokan terasa panas. Lendir yang biasanya melapisi hidung dapat menumpuk hingga menetes ke bagian belakang tenggorokan. Ini yang disebut sebagai kondisi postnasal drip. Pilek atau infeksi pernapasan lainnya, pun alergi dan cuaca dingin semuanya dapat menyebabkan gejala ini.

2. GERD

Penyebab tenggorokan terasa panas di urutan pertama, ada GERD. Penyakit ini bisa menyebabkan tenggorokan terasa panas bahkan muncul sensasi terbakar. Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik ke tenggorokan. Sebab itu, selain sensasi terbakar di tenggorokan, gejala lain yang bisa terjadi adalah suara serak hingga kehilangan suara, dan tentunya rasa tidak nyaman di tenggorokan.

3. Radang tenggorokan

Penyebab tenggorokan terasa panas lainnya yakni penyakit radang. Radang tenggorokan adalah penyakit umum yang sering terjadi, apalagi ketika cuaca sangat panas atau Anda punya sensitivitas lebih terhadap makanan tertentu. Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh bakteri streptokokus grup A.

4. Sindrom mulut terbakar

Penyebab tenggorokan terasa panas berikutnya yakni sindrom mulut terbakar. Sindrom ini adalah suatu kondisi Anda merasa bagian dalam mulut dan tenggorokan Anda seperti terbakar atau melepuh, padahal sebenarnya tidak. Ini mungkin disebabkan oleh masalah saraf atau kondisi seperti mulut kering.

5. Panas dalam

Penyebab tenggorokan terasa panas di urutan terakhir, yakni panas dalam. Menurut laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dalam dunia medis, panas dalam disebut dengan faringitis.  Panas dalam membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, perih, kering, dan gatal. Kondisi tersebut membuat Anda susah makan, menelan, dan berbicara.

Faringitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan faringitis adalah influenza, Rhinovirus, dan Epstein-Barr.  Walaupun lebih sering disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri golongan Streptococcus juga bisa menyebabkan faringitis. Itulah penyebab tenggorokan terasa panas. Bila Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter Anda.

Itulah lima penyebab tenggorokan terasa panas, yuk kenali gejalanya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network