Waspada! Ini Tanda-tanda Keguguran Hamil Muda yang Jarang Disadari

Muhamad Sukardi
Waspada! Ini Tanda-tanda Keguguran Hamil Muda yang Jarang Disadari. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Setiap pasangan pasti menunggu kehadiran buah hatinya dengan rasa Bahagia, namun di tengah jalan berbagai hal bisa terjadi, salah satunya keguguran.

 Tanda-tanda keguguran hamil muda seringkali tidak terdeteksi, tak heran jika calon ibu baru banyak yang tak menyadari  bahwa dirinya mengalami keguguran. Perlu diketahui, keguguran muda terjadi pada trimester pertama, dan kebanyakan pada usia kehamilan 10 minggu. Bahkan, pada beberapa kasus keguguran terjadi, sang ibu tidak menyadari dirinya hamil. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian perempuan tidak sadar jika dirinya hamil, sehingga tetap melakukan kegiatan yang meningkatkan risiko keguguran.

Dalam dunia medis, keguguran muda kerap disebut dengan kegagalan kehamilan dini. Artinya, kehamilan gagal berkembang. Lantas, apa saja gejala atau tanda-tanda keguguran muda? Menurut laporan UC Davis Health Department of Obstetrics and Gynecology, ada beberapa tanda-tanda keguguran muda, di antaranya;

1. Pendarahan, termasuk di dalamnya keluar bercak merah atau coklat. Pendarahan di awal kehamilan cukup umum terjadi dan tidak berarti Anda mengalami keguguran.

2. Sakit perut atau kram hebat

3. Ada 'benda' asing keluar dari Miss V

4. Keluar cairan bening atau merah muda dari Miss V

5. Hilangnya gejala kehamilan seperti nyeri payudara dan mual 

6. Pusing atau merasa ingin pingsan

"Jika Anda mengalami gejala keguguran seperti yang disebutkan di atas, sangat disarankan segera hubungi dokter untuk dilakukan evaluasi, termasuk dilakukan USG untuk melihat ke dalam rahim apakah kehamilan aman atau keguguran," demikian dikutip dari laman kesehatan tersebut, Rabu (23/11/2022).

Apa penyebab keguguran muda?

 Setelah mengetahui tanda-tanda keguguran muda, Anda juga perlu memperhatikan penyebabnya. Penyebab keguguran dini sebenarnya tidak bisa dipastikan, tapi ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu keguguran dini:

1. Merokok aktif

2. Penggunaan obat terlarang, terutama kokain

3. Diabetes yang tidak terkontrol

4. Hipertiroidisme atau hipotiroidisme

5. Masalah fisik pada rahim, termasuk fibroid atau kelainan perkembangan rahim Nah, itu dia penjelasan tanda-tanda keguguran muda yang perlu diwaspadai. Ingat, gejala kecil saja sebaiknya menjadi 'warning' dan tidak usah ragu berkonsultasi ke dokter jika Anda merasa tidak nyaman dengan gejala yang muncul di kehamilan trimester pertama.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network