Manfaat Minyak Kemiri untuk Tubuh, Hilangkan Ketombe hingga Cerahkan Kulit Wajah

Faqihah Husnul Khatimah
Manfaat Minyak Kemiri untuk Tubuh, Hilangkan Ketombe hingga Cerahkan Kulit Wajah (Foto: Okezone/Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idMinyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk tuubuh. Salah satunya Minyak kemiri telah lama dipercaya sebagai obat untuk rambut rusak dan masalah kulit. Minyak kemiri (candlenut oil) berasal dari biji kemiri (Aleurites moluccanus). Selain bagian dari bumbu dapur, kemiri dapat diambil minyaknya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


(Foto: Istimewa)



Minyak kemiri mengandung berbagai jenis asam lemak, yakni asam linolenat, asam oleat, asam linoleatz asam palmitat dan asam stearat. Minyak kemiri juga mengandung vitamin C, D dan E yang bersifat antioksidan. Apa saja manfaat minyak kemiri untuk tubuh?

Berikut daftar manfaat minyak kemiri:

1. Mengatasi Kulit Kering

Kandungan asam lemak dalam minyak kemiri mampu menjaga kelembapan kulit. Minyak kemiri membentuk lapisan baru dan mencegah kulit dehidrasi. Sehingga, minyak kemiri bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan terhindari dari penyakit infeksi kulit.  Caranya, oleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang rentan kering, seperti bibir, tumit dan siku.

2. Mencerahkan Kulit

Minyak kemiri mampu melindungi kulit dari paparan jahat sinar matahari dari dalam. Selain itu, minyak kemiri mengandung mineral yang memproduksi kolagen sehingga berkhasiat mengurangi penuaan dini. Kulit juga lebih sehat dan terlihat awet muda.

3. Memudarkan Flek Hitam

Oleskan tipis minyak kemiri pada wajah sebelum tidur. Kandungan vitamin A, C dan E membantu menghilangkan flek hitam akibat sinar matahari, genetik, peradangan kulit dan lain sebagainya.  Namun, bila flek hitam membandel, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

4. Menyehatkan Kulit

 Minyak kemiri membantu menyehatkan kulit dan membuatnya lebih glowing. Sejumlah kandungan, seperti mineral, vitamin A, C dan E bermanfaat untuk menghasilkan kulit lebih sehat sehingga bisa membuat lebih percaya diri dengan kulit lembab dan sehat.
 

5. Menyembuhkan Luka

 Salah satu manfaat minyak kemiri, yaitu bisa menyembuhkan luka. Asam linoleat menjaga kelembapan kulit dan mempercepat luka untuk sembuh.  Kandungan ini bekerja memperbaiki jaringan kulit dan menghilangkan luka lebih cepat.

 6. Mengurangi Gejala Psoriasis

Psoriasis, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan sel-sel kulit lebih cepat berganti. Gejala psoriasis, antara lain gatal, kemerahan, kulit kering, kulit bersisik, dan kulit menebal.  Studi menyebutkan, kandungan asam linoleat dan asam oleat dalam minyak kemiri mampu mengurangi sejumlah gejala psoriasis.

7. Mencegah Rambut Rontok

Siapa yang suka kesal karena rambut rontok? Cara mengatasinya bisa mencoba mengoleskan minyak kemiri pada rambut. Minyak kemiri mengandung asam oleat, vitamin C dan E yang bersifat antioksidan.  Kandungan ini akan mengatasi rambut rontok dan menumbuhkan rambut tebal dan kuat.

8. Memperbaiki Rambut Rusak

Sifat antioksidan dalam minyak kemiri membantu memperbaiki rambut rusak. Kandungannya akan menghambat masuknya radikal bebas penyebab kerusakan rambut, memperbaiki helaian rambut, dan menjaga kelembapan rambut sehingga terlihat lebih sehat dan kuat.

 

9. Menghilangkan Ketombe Rambut

 ketombean sangat menyebalkan, bukan? Selain menimbulkan rasa gatal, rambut pun akan rusak. Minyak kemiri mengandung sifat antibakteri dan antimikroba penyebab ketombe. Jamur ketombe akan hilang dengan mengoleskan minyak kemiri secara rutin pada rambut. Itulah manfaat minyak kemiri untuk tubuh, terutama kulit dan rambut. Semoga bermanfaat.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network