Mengenal Gejala hingga Cara Mencegah Penyakit Leptospirosis, Sering Terjadi saat Musim Hujan

Wiwie Heriyani
Mengenal Gejala hingga Cara Mencegah Penyakit Leptospirosis, Sering Terjadi saat Musim Hujan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Leptospirosis merupakan salah satu penyakit penyerta banjir yang jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal penyakit ini biasanya kerap dijumpai saat memasuki musim penghujan.  Diketahui Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira.

Leptospirosis bisa menyebar melalui air atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri Leptospira. Seseorang dapat terserang leptospirosis, jika terkena urine hewan tersebut, atau kontak dengan air atau tanah yang telah terkontaminasi. Beberapa hewan yang dapat menjadi sarana penyebaran bakteri Leptospira adalah anjing, tikus, babi, kuda dan sapi. 

Bakteri Leptospira Selama berada di dalam ginjal hewan,  sewaktu-waktu dapat keluar bersama urine sehingga mengontaminasi air dan tanah. Pada air dan tanah tersebut, bakteri Leptospira dapat bertahan dalam hitungan bulan atau tahun. Lantas Leptospirosis adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, baik luka kecil seperti luka lecet, maupun luka besar seperti luka robek. Bakteri ini juga bisa masuk melalui mata, hidung, mulut, dan saluran pencernaan. Leptospirosis juga bisa menular antarmanusia melalui ASI atau hubungan seksual, tetapi kasus ini sangat jarang terjadi.

Gejala

Dalam beberapa kasus, gejala leptospirosis tidak muncul sama sekali. Namun, pada kebanyakan penderita, gejala penyakit ini muncul dalam 2 hari sampai 4 minggu setelah terpapar bakteri Leptospira.

Gejala leptospirosis sangat beragam pada setiap pasien dan awalnya sering kali dianggap sebagai gejala penyakit lain, seperti flu atau demam berdarah. Tanda dan gejala awal yang muncul pada penderita leptospirosis antara lain:

 1. Demam Mendadak

2. Lemah

3. Mata merah

4. Kekuningan pada kulit

5. Sakit kepala 6. Nyeri otot betis

Setelah mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan tindakan pencegahan juga merupakan hal yang penting untuk diketahui, di antaranya adalah:

1. Menggunakan sarung tangan dan sepatu boots saat membersihkan rumah/selokan

 2. Mencuci tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas. Itulah penjelasan tentang Leptospirosis adalah penyakit yang ditimbulkan karena bakteri hewan saat hujan. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network