Baca 7 Kali Al Fatihah Untuk Meluluhkan Hati Seseorang, Begini Reaksi Orang yang Didoakan

Kastolani
Baca 7 Kali Al Fatihah Untuk Meluluhkan Hati Seseorang, Begini Reaksi Orang yang Didoakan Pic: Instagram/@alquranku.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Sebagai surat yang Istimewa, Al Fatihah memiliki banyak khasiat dan fadillah bagi siapa saja yang rutin mengamalkannya. Surat Al Fatihah bukan hanya sebagai syarat sahnya sholat, juga bisa dijadikan doa kebaikan untuk orang yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Lalu, bagaimana reaksi orang yang dikirimi Al Fatihah? Surat Al Fatihah merupakan surat pertama dalam Alquran yang memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya sebagai obat segala macam penyakit dan ruqyah. 

Surat Al Fatihah merupakan surat Makkiyah yakni diturunkan dalam periode Mekkah sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah. Para ulama mengatakan bahwa jumlah kalimat dalam surat Al-Fatihah semuanya ada 25 kalimat, sedangkan hurufnya sebanyak 113. Ada banyak keistimewaan Surat Al Fatihah. Salah satunya sebagai obat segala racun seperti yang disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan Ad-Darimi melalui Abu Sa'id secara marfu, yaitu:
 

" فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سُمٍّ"

Artinya: Fatihatul kitab (surat Al-Fatihah) merupakan obat penawar bagi segala jenis racun. Surat Al Fatihah dikenal pula dengan nama Ruqyah (الرُّقْيَةُ), seperti yang disebutkan di dalam hadis diriwayatkan Abu Sa'id yang sahih. Yaitu di saat dia membacakannya untuk mengobati seorang lelaki sehat (yang tersengat kalajengking).

Sesudah itu Rasulullah Saw bersabda kepada Abu Sa'id (Al-Khudri):

" وَمَا يُدْرِيكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ؟ "

Siapakah yang memberi tahu kamu bahwa surat Al-Fatihah itu adalah ruqyah? Ketika tiba di Madinah, kami ceritakan hal itu kepada Nabi Saw., dan beliau menjawab,

 «وَمَا كَانَ يُدْرِيهِ أَنَّهَا رُقْيَةٌ اقْسِمُوا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْمٍ»

"Siapakah yang memberitahukan kepadanya bahwa Al-Fatihah adalah ruqyah? Bagi-bagikanlah dan berikanlah kepadaku satu bagian darinya!"

Reaksi Orang yang Dibacakan Al Fatihah

Reaksi orang yang dibacakan atau dihadiahi Al Fatihah jika diniatkan dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah, insyaallah bisa meluluhkan hati dan berubah menjadi lebih baik serta penurut.

Bagi orang tua yang menginginkan anaknya pintar dan penurut, juga dianjurkan membaca Surat Al Fatihah selesai sholat fardhu sebanyak 7 kali. Selain itu, bagi yang ingin mendapatkan jodoh juga bisa bertawasul dengan Surat Al Fatihah agar segera didekatkan jodohnya dan mendapat pendamping hidup yang baik.

Dalam kitab Bughyah Al Mustarsyidin, Syeh Sa'id Sumbul sebagaimana dilansir dari laman PISS-KTB menjelaskan, Barangsiapa beramal karena dirinya sendiri kemudian dia berkata : "Ya Allah jadikanlah pahala bacaanku ini bagi si Fulan", maka pahala bacaan tadi sampai kepada si Fulan, baik itu masih hidup ataupun sudah meninggal

وفي فتاوى شيخنا سعيد سنبل : من عمل لنفسه ثم قال: اللهم اجعل ثوابه لفلان وصل له الثواب، سواء كان حياً أو ميتاً،

KH Muhammad Sholikhin dalam buknya Ritual & Tradisi Islam Jawa menerangkan bahwa para ulama tahqiq sepakat tentang sampainya pahala bacaan Al Quran, termasuk Surat Yasin maupun Al Fatihah baik untuk orang yang sudah meninggal maupun hidup dan mereka mendapat manfaat dari bacaan tersebut.

Para ulama juga sepakat membaca Alquran termasuk Surat Al Fatihah dan Yasin baik berdoa sebelum maupun sesudah membacanya bagi orang yang meninggal pahala bacaannya tetap akan sampai sebagaimana pendapat ulama Maliki, Hanafi dan Hanbali. Ibnu Taimiyah dalam Kitab Majmu Al Fatawa 24/313-306 seperti dilansir dari ltnnujabar.or.id menjelaskan:

اِنَّ ثَوَابَ الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ مِنَ الصَّلاَةِ وَالْقِرَاءَةِ وَغَيْرِهِمَا يَصِلُ إِلَى الْمَيِّتِ كَمَا يَصِلُ إِلَيْهِ ثَوَابُ الْعِبَادَاتِ الْمَالِيَّةِ بِاْلإِجْمَاعِ وَهَذَا مَذْهَبُ أَبِي حَنِيْفَةَ وَأَحْمَدَ وَغَيْرِهِمَا وَقَوْلُ طَائِفَةٍ مِنْ أَصْحَابِ الشَّافِعِي وَمَالِكٍ وَهُوَ الصَّوَابُ ِلأَدِلَّةٍ كَثِيْرَةٍ ذَكَرْنَاهَا فِي غَيْرِ هَذَا الْمَوْضِعِ (اقتضاء الصراط المستقيم لابن تيمية 2 / 261)

 “Sesungguhnya pahala ibadah secara fisik seperti salat, membaca al-Quran dan lainnya, bisa sampai kepada mayit sebagaimana ibadah yang bersifat harta secara Ijma’. Ini adalah pendapat Abu Hanifah, Ahmad, kelompok ulama Syafi’iyah dan Malikiyah. Ini adalah yang benar berdasarkan dalil-dalil yang banyak, yang kami jelaskan di lain kitab ini (dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ al-Fatawa 24/306-313).” 

Doa Al Fatihah Selesai membaca Al Fatihah, dianjurkan untuk membaca doa fatihah sebagai berikut: 

 اللَّهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الْفَاتِحَةِ وَبِبَرَكَةِ الْفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةَ الْفَاتِحَةِ أَنْ تَفْتَحَ لَنَا أَبْوَابَ الْخَيْرِ , وَأَنْ تَتَفَضَّلَ عَلَيْنَا بِكُلِّ الْخَيْرِ, وَأَنْ تَجْعَلَنَا مِنْ أَهْلِ الْخَيْرِ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ وآخِرُ دَعْوَاهُمْ عَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ

Allohumma bi haqqil fatihahati wa bi sirril fatihati wa bi karomatil fatihati an taftaha lana kulla khoirin wa tatafadhdhola ‘alaina bi kullil khoiri wa an taj’alana min ahlil khoiri subhanakallohumma wa tahiyyatuhum fiha salam wa akhiru da’wahum anilhamdulillahi robbil ‘alamina.

 Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah, dengan rahasia Al-Fatihah, dengan kemuliaan Al-Fatihah, Engkau bukakanlah kepada kami pintu-pintu kebaikan, dan karuniakanlah kepada atas kami semua kebaikan, dan jadikanlah kami bagian dari ahli kebaikan. Maha Suci Engkau Ya Allah, dan penghormatan mereka di surga adalah salam, dan akhir doa mereka adalah alhamdulillahi robbil ‘alamin.

Demikian ulasan mengenai reaksi orang yang dikirimi Al Fatihah dalam Islam.

 

Wallahu A'lam

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network