5 Kota Mati yang Mempunyai Kisah Mengerikan, Nomor 4 Dijuluki Neraka Dunia

Milati Azmiawati
5 Kota mati yang mempunyai kisah mengerikan. Kota Centralia, Pennsylvania dijuluki Neraka Dunia. (Foto Freepik/Wirestock)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kota mati merupakan sebutan bagi kota yang terbengkalai, umumnya kota yang terbengkalai ditinggalkan oleh penduduknya karena berbagai alasan seperti terjadinya bencana atau peperangan yang meluluhlantakkan pemukiman, selain itu bisa juga karena masalah perekonomian yang  gagal menopang kehidupan masyarakatnya, sehingga mau tidak mau harus meninggalkan kota tersebut agar tetap bisa bertahan hidup.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 kota mati yang mempunyai kisah mengerikan.

 

1. WittenoomAustralia

Wittenoom adalah kota kecil di Australia yang diklaim terkontaminasi racun berbahaya. Kota yang dulunya merupakan lokasi pertambangan asbes ini telah lama ditinggalkan penduduknya lantaran memiliki udara yang kotor. Banyak warga yang menderita sakit akibat kondisi tersebut.

Sebelum akhirnya menjadi kota mati dan di hapus dari peta dunia, kota ini pernah menjadi pemasok asbes biru satu-satunya di Australia. Hal itu berlangsung sejak tahun 1950 hingga tahun 1960, namun akhirnya Kota Wittenoom harus ditutup pada 1966.

 

2. PripyatUkraina

Kota mati selanjutnya adalah Kota Pripyat yang terletak di Ukraina. Awalnya kota ini dibangun untuk para pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl pada 1970. Namun pada 1986,  ledakan reaktor nuklir  menyebabkan 100 orang meninggal di tempat. Sementara itu, sekitar 4000-an orang dilaporkan meninggal akibat paparan radiasi nuklir. Kejadian tersebut akhirnya membuat 117.000 orang terpaksa dievakusi dari Pripyat.

 

3. Craco, Italia

Craco adalah sebuah kota yang berada di selatan Italia, menurut sejarah Kota Craco dibangun pada abad pertengahan. Pada 1656, terjadi wabah mematikan di kota ini, kejadian tersebut menyebabkan ratusan penduduknya meninggal dunia. Selain itu, pada 1963 terjadi bencana longsor yang menghancurkan seluruh bagian Kota Craco yang merupakan daerah perbukitan. Akhirnya pada 1975 seluruh penduduk yang tersisa dipindahkan, menjadikan kota tersebut terbengkalai sampai saat ini.

 

4. Centralia, Pennsylvania

Pada 1962 , terjadi kebakaran besar di labirin bawah tanah tambang batu bara yang ada di Kota Centralia, kebakaran itu tidak pernah padam sampai hari ini, bahkan api tersebut diperkirakan akan terus menyala sampai 250 tahun yang akan datang. 

Pemerintah di Pennsylvania akhirnya membeli rumah-rumah di kota tersebut dan memindahkan penduduknya ke tempat lain. Kini sudah lebih dari 60 tahun Kota Centralia terbengkalai dan kerap kali dijuluki sebagai 'neraka dunia'.

 

5. Nagoro, Jepang

Nagoro merupakan sebuah kota terpencil yang ada di Jepang. Kota yang berada di daerah lembah ini awalnya memiliki penduduk lebih dari 300 orang, namun seiring berjalannya waktu populasi penduduk menurun lantaran banyak yang pergi merantau ke kota lain. Selain itu, angka kelahiran di sana juga sangat rendah, sehingga jumlah penduduk pun terus berkurang dan hanya tersisa 27 orang. 

Salah seorang seniman di sana bernama Ayano Tsukimi memiliki ide membuat sebuah boneka seukuran manusia setiap kali ada tetangganya yang meninggal atau pergi merantau. Hal itu ia lakukan untuk agar tak merasa kesepian di kota yang sunyi tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network