Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ketua Umum HIMAGUNA Angga Wijaya Ajak Anak Muda Belajar dari Sejarah

Epul Galih
Semangat Kebangsaan mengukir sejarah, mahasiswa di Pandeglang melakukan perjalanan menuju Puncak Sumur Tujuh Gunung Karang membentangkan Bendera Merah Putih. (Foto Madani Prasetia/iNews)

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Pemuda sangat penting berperan serta dalam pembangunan, gerakan para pemuda sebelumnya  ini dilakukan lantaran melihat kegagalan dari golongan tua dalam melawan penjajahan kolonial Belanda di Indonesia.

Angga Wijaya, Ketua Umum HIMAGUNA (Himpunan Mahasiswa Gunungkencana) menyatakan  bahwa memang ketika pernyataan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa biasanya lebih mengarah pada masa-masa sekarang. Bahkan jika dipikir ulang tanpa peran pemuda di masa perjuangan dulu, maka bangsa Indonesia mungkin tidak dapat berdiri kokoh seperti sekarang ini.


HIMAGUNA saat aksi di lingkungan Pemkab Lebak. Foto dok pribadi
 

“Inilah mengapa peranan pemuda, terutama pemuda daerah sendiri bagi bangsa Indonesia sangatlah penting. Oleh sebab itu, mengingat kembali apa saja peranan pemuda di masa sejarah tersebut juga penting sebelum mengetahui atau memahami peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa saat ini,” ujarnya pada suatu kesempatan.

Untuk diketahui  peran pemuda dalam sejarah yang pertama dikutip dari berbagai sumber bisa di lihat dari adanya pergerakan Budi Utomo yang berlangsung pada tahun 1908. Organisasi Boedi Oetomo merupakan pelopor pertama organisasi pemuda di Indonesia.

Peranan pemuda melalui organisasi  ini adalah ingin menyatukan organisasi pemuda menjadi organisasi yang berbasis nasional untuk kemerdekaan bangsa.

Organisasi tersebut didirikan oleh pemuda pelajar STOVIA pada 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat pada aspek budaya dan pendidikan.

Kongres Pemuda I

Peristiwa ini diadakan pada 30 April-2 Mei 1926 di Jakarta. Tujuan dari Kongres Pemuda I adalah memajukan persatuan dan kebangsaan serta menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan-perkumpulan pemuda kebangsaan.

Dari Kongres Pemuda I menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya.

Setelah itu ada pula peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tahun 1928 dimana menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak sejarah pergerakan pemuda seluruh Indonesia dalam semangat kemerdekaan Indonesia.

Kongres Pemuda II

Aksi ini digelar pada  27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda dan  dibagi dalam tiga kali rapat.

Bagian pertama dilakukan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) saat ini bernama Lapangan Banteng. Ketua PPPI, Sugondo Djojopuspito dalam sambutannya saat itu berharap Kongres Pemuda II berharap  bisa  mempererat semangat persatuan di antara para pemuda.

Kemudian pada bagian selanjutnya yangi kedua digelar pada 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Dalam acara tersebut  dibahas terkait pendidikan di mana yang sangat penting untuk anak.

Selanjutnya pada bagian ketiga sebagai  penutup digelar di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Dalam momen tersebut  rumusan Sumpah Pemuda terlahir.

Berikut Isi sumpah yang mereka ucapkan tersebut yaitu : 

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian, tercetuslah sumpah pemuda yang dikenal hingga saat ini.

Dari peranan pemuda saat itu memperoleh kesepakatan bersama, yaitu adanya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Dari Sumpah Pemuda tersebut peran pemuda  dalam pembangunan sangatlah penting

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network