Mengenal Keindahan Danau Lau Kawar hingga Sederet Kisah Mistis dan Pantangannya

Kiki Oktaliani
Danau Lau Kawar, Sumatera Utara (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Indonesia memiliki banyak wisata alam yan indah yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Danau ini terletak di kaki Gunung Sinabung yang memiliki pemandangan eksotis


Danau Lau Kawar (Foto: Instagram @eviandari31)

Danau Lau Kawar tidak hanya memiliki pemandangan alam yang menakjubkan saja. Di balik keindahannya, Danau Lau Kawar juga menyimpan kisah mistis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Apa saja itu? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (6/10/2022).


Daya tarik Danau Law Kawar

Danau Lau Kawar terletak sejauh 30 km dari Kota Medan. Danau ini tepatnya berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada di Danau Lau Kawar, Anda akan disuguhi pemandangan indah, dari warna air danau yang hijau serta dikelilingi pepohonan yang menambah keasrian area tersebut. Di pinggir danau terdapat lahan yang biasa digunakan untuk berkemah.

Selain berkemah dari objek wisata itu, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti panjat tebing, sekaligus pendakian ke puncak gunung Sinabung melewati hutan belantara.

 Misteri tangisan ibu

Terlepas dari pemandangannya yang cantik, berkembang beragam cerita misteri mulai dari terbentuknya danau itu sendiri. Beberapa versi terbentuknya danau ini yang pertama adalah karena tangisan seorang ibu yang melihat anaknya Sinabung dan Sibayak yang terus berkelahi.  Cerita lain yang berkembang dulu ada seorang nenek yang tinggal di puncak Gunung Sinabung, sementara anak dan cucunya tinggal di kaki gunung.

 Pada suatu ketika sang cucu berjalan untuk mengantarkan makanan kepada sang nenek, namun di tengah perjalanan dia merasa lapar dan memakan makanan yang seharusnya diberikan kepada sang nenek. Mengetahui hal tersebut, sang nenek marah dan menampar wajah cucunya. Kemudian sang cucu menangis tanpa henti, hingga terbentuklah danau Lau Kawar ini.
 

Kisah mistis yang menakutkan

Banyak orang yang percaya ketika mengunjungi area ini, terdapat beberapa pantangan yang harus selalu diperhatikan. Seperti tidak boleh berkata kasar, bersikap sopan dan tidak melakukan tindakan asusila, atau membuang pembalut wanita ke danau. Cerita mistis lain juga berkembang ketika seorang wisatawan dan sekelompok temannya yang hendak menuju danau Lau Kawar diganggu oleh makhluk tak kasat mata.

Menurut pernyataan dari "orang pintar" di daerah tersebut, hal itu terjadi lantaran ada salah satu dari rombongan yang membuang putung rokok sembarangan. Rombongan ini dibekali air putih untuk melanjutkan perjalanannya.

Rombongan ini kemudian melakukan camping, namun karena kabut yang cukup pekat memaksa mereka untuk pindah ke penginapan. Selama bermalam di sana mereka terus diganggu oleh makhluk tak kasat mata ini, mulai dari penampakan hingga terjadi kesurupan secara bergilir. Terlepas dari cerita mistis yang ada, tindakan-tindakan seperti membuang putung rokok sembarangan terutama di alam terbuka memang tidak dibenarkan. Wisatawan atau pengunjung diharuskan untuk menjaga kebersihan serta tata krama.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network