5 Artis Tanah Air yang Pernah Terkena Penyakit Autoimun, Nomor 3 Sampai Cari Pengobatan ke Dubai

Raden Yusuf
Ilustrasi sakit (foto/ist)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idPenyakit autoimun merupakan Kondisi dimana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Normalnya, system kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga serangan dari organism easing, sistem kekebalan tubuh akan melepas protein yaitu antibodi untuk melawan atau mencegah terjadinya penyakit.

Terdapat beberapa artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun. Sebagaimana kita tahu, sistem kekebalan tubuh dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit dan infeksi, dengan cara menyerang kuman yang masuk ke tubuh, seperti virus dan bakteri.  Sistem kekebalan ini dapat mengetahui bila kuman bukan bagian dari tubuh dan segera menghancurkannya. Namun, berbeda bila seseorang mengidap penyakit autoimun.


(Foto: Instagram)

Jika seseorang mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan bisa menyerang sel-sel sehat organ serta jaringan secara tidak sengaja. Nah, ada beberapa artis Indonesia yang pernah terkena penyakit autoimun. Mungkin, kita tidak menyangka, sebab sederet artis ini tampak baik-baik saja dari luar. Padahal, mereka sempat menjalani pengobatan hingga ke luar negeri untuk mengobati penyakitnya.

Penasaran, siapa saja artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun? Berikut daftarnya seperti dirangkum pada Rabu (19/10/2022).

1. Enzy Storia

Artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun di urutan pertama, ada Enzy Storia. Aktris cantik satu ini diketahui sudah mengidap penyakit autoimun sejak tahun 2009. Berawal dari Enzy yang merasakan adanya pembengkakan di area tumit kaki sebelah kiri, kemudian merasakan ngilu di bagian jari-jarinya. Setelah gejala itu terjadi, Enzy pun pergi konsultasi ke rumah sakit, dan dikonfirmasi bahwa dia mengidap autoimun.

2. Cita Citata

Artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun berikutnya, ada Cita Citata. Penyanyi dangdut satu ini juga pernah dikabarkan mengidap penyakit autoimun.

Adapun gejala autoimun yang diderita oleh Cita-Citata, yaitu sering muncul kemerahan di sejumlah bagian tubuh. Cita Citata pun terus berupaya melakukan berbagai cara untuk mengobati penyakit tersebut. Tapi Cita Cita tidak ingin terlalu memikirkannya, karena stres bisa membuat penyakitnya tambah parah.

 3. Ashanty

Artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun di urutan selanjutnya, ada Ashanty. Istri Anang Hermansyah ini sempat membeberkan jika dia mengidap autoimun. Berbagai upaya pengobatan untuk sembuh dari penyakit tersebut pun telah dilakukan Ashanty. Ibu sambung Aurel Hermansyah ini bahkan sampai berobat ke Dubai dan Turki.

4. Raditya Dika

Selain Ashanty dan Cita Citata, aktor sekaligus komedian, Raditya Dika juga masuk jajaran artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun. Hal itu disebutkan oleh Raditya Dika pada sebuah video di kanal YouTube pribadinya. Pada video tersebut, bintang film 'Marmut Merah Jambu' ini terlihat tengah menjalani check-up di salah satu Rumah Sakit di Singapura.

5. Jessica Iskandar

Artis Indonesia yang pernah kena penyakit autoimun di urutan terakhir, ada Jessica Iskandar. Istri Vincent Verhaag ini mengetahui penyakit tersebut setelah dia menjalani tes dan serangkaian pengobatan. Kabarnya, gejala yang dialami artis kelahiran 29 Januari 1988 tersebut, mengarah pada penyakit Graves Disease Autoimmune Hyperthyroidism. Itu merupakan penyakit yang diakibatkan karena tiroid terlalu banyak memproduksi hormon.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network