Puluhan Personel Ditsamapta Polda Banten Dikerahkan Bantu Korban Banjir di Bayah Lebak

Eman Bayah
Personel Ditsamapta Polda Banten membantu korban banjir rumah terendam di Bayah, Lebak. Foto iNews

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Polda Banten menurunkan sebanyak 57 personel Ditsamapta ke Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Mereka akan menjalankan tugas kemanusiaan membantu warga yang terdampak banjir dan longsor  yang melanda kawasan tersebut  pada Minggu, (9/10/2022) kemarin.

Ipda Muhammad Aqlizar Akbar Saidi S.Tr.K, Anggota Ditsamapta Polda Banten mengatakan pengerahan pasukan ini atas perintah langsung Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto untuk membantu korban bencana alam banjir di Bayah.

Pasukannya yang diturunkan  melakukan pembersihan rumah-rumah warga  akibat terendam banjir di Kampung Bayah 1, RT/RW 02/04  Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten sebanyak 57 personel.

"Hari ini Ditsamapta Polda Banten ikut membantu korban banjir, tadi malam kami bergerak dan juga dibantu oleh  satuan dari Sabhara Polres Lebak. Kejadian banjir ini sore menjelang malam, setelah kami datang ke lokasi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari air sudah surut," ujarnya saat ditemui di lokasi banjir Senin, (10/10/2022).

Dia menjelaskan, saat air surut warga sudah mulai membersihkan tempat tinggalnya, ada beberapa rumah yang bagian depannya hanyut terbawa arus, namun kerusakan tersebut  tidak begitu berati.

"Untuk korban jiwa hingga saat ini Alhamdulillah tidak ada. Kami 57 personel Ditsamapta gotong royong membantu membersihkan rumah  warga dari lumpur. Selain itu, membersihkan sumur yang merupakan sumber air untuk minum. Adapun untuk akomodasi lain sedang dalam perjalanan dikirim Polda Banten," ujarnya.

Ipda Muhammad Aqlizar Akbar Saidi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat curah hujan saat ini masih tinggi dan tidak panik.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan berhati-hati, mudah-mudahan tidak terjadi bencana susulan. Situasi saat ini aman dan kondusif," pungkasnya.

Dari pantauan di lokasi banjir terlihat sudah surut tinggal menyisakan lumpur-lumpur yang saat ini  warga masyarakat bersama petugas membersihkan rumah-rumah yang terdampak bencana.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network