Kisah Jenderal AH Nasution yang Selamat dari Peristiwa G30S PKI

Puti Aini Yasmin
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - G30S PKI terjadi pada 30 September pada malam hingga dini hari dan masuk ke 1 Oktober 1965. Jenderal AH Nasution menjadi salah satu target pembunuhan dalam peristiwa G30S PKI. Namun, ia justru selamat karena nyamuk.

Pada tanggal 1 Oktober 1965, sekitar pukul 04.00 WIB anggota Cakrabirawa masuk ke rumah Jenderal AH Nasution. Mereka pun melucuti senjata milik penjaga di rumah AH Nasution.


Jenderal AH Nasution bersama keluarga. (Foto: Ist)



Di saat yang bersamaan, Jenderal Nasution dan istrinya dalam keadaan terbangun. Bukan karena mengetahui kedatangan anggota Cakrabirawa, tetapi karena sibuk mencari nyamuk. Bahkan, dalam buku 'Pierre Tendean' karya Masykuri, Jenderal Nasution dan istri tidak mendengar adanya letusan-letusan di luar rumah mereka. Namun, mereka baru sadar saat mendengar pintu dibuka secara paksa.

Ibu Nasution pun langsung mengintip dari pintu dan melihat anggota membawa senjata. Lekas, ia memberitahu Jenderal Nasution dengan perasaan bahwa orang-orang tersebut mau menculik suaminya.

Sayang, Jenderal Nasution tak percaya begitu saja dan ingin berbicara langsung. Ketika pintu dibuka oleh Jenderal Nasution, tiga tembakan meluncur ke arahnya sehingga ia langsung tiarap. Setelah pintu kamar terkunci, Ibu Nasution langsung mengantar Jenderal Nasution ke luar kamar melalui gang menuju kamar mandi lalu menuju tempat yang sudah ditentukan. Jenderal Nasution melompati tembok dan dihujani tembakan. Beruntungnya, tidak ada satu tembakan yang mengenai dirinya.

Ia pun bersembunyi di pekarangan rumah tetangganya. Di dalam rumah, gerombolan Cakrabirawa mengintrogasi Ibu Nasution menanyakan keberadaan sang suami. Ia pun mengaku bahwa suaminya telah dua hari ke luar kota. Anggota Cakrabirawa pun malah membawa Lettu Pierre Tendean yang merupakan ajudan AH Nasution ke Lubang Buaya. Ia mengira Pierre merupakan sang Jenderal.

Oleh karena itu, AH Nasution bisa selamat dari peristiwa G30S PKI.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network