Deretan Rumah Angker yang Terkenal di Jogja, Nomor 5 Kisahnya Dijadikan Film

Tatik Rukmanah
Rumah Angker di Jogja (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sejumlah  Rumah angker yang terkenal  di Jogja memiliki kisah mistisnya masing-masing. Terdapat pula kisah pilu di baliknya yang menjadikan rumah tersebut makin terkesan angker.  Jika cerita mistis yang terdapat di Lawang Sewu, Semarang, Bandung, Banyuwangi, Alas Purwo dan yang lainnya sudah tidak asing lagi didengar oleh banyak masyarakat, namun kisah mistis di Jogja belum banyak yang mengetahuinya. 

Penasaran? Yuk simak artikel rumah angker di Jogja ini. Berikut daftar daftar Rumah Angker di Jogja : 


1. Rumah Pocong Sumi 

Rumah Pocong Sumi yang dipercaya sudah ada sejak tahun 1860 ini berlokasi di Kemantren Kotagede, Yogyakarta. Rumah ini menjadi rumah yang paling disebutkan saat sedang membahas rumah angker di Jogja.  Terdapat urban legend di tempat ini yaitu ada sebuah tragedi yang menimpa seorang perempuan bernama Sumini pada tahun 1935 silam. Pada satu hari, Sumi berada di rumah seorang diri lantaran suaminya yang berprofesi sebagai pengusaha batik tengah pergi untuk urusan bisnisnya. 

Suami dari Sumini menitipkan pesan pada dirinya untuk tidak membukakan pintu jika ada yang mengetuknya karena melihat posisi Sumini yang berada di rumah sendirian tanpa ditemani oleh siapapun.  Naasnya, rumah mereka menjadi incaran rombongan perampok. Ada tiga perampok yang mendatangi rumah mereka pada saat malam hari saat Sumini tengah berada di rumah sendirian dengan mengetuk pintu dan membawa kabar palsu bahwa suami Sumini mengalami kecelakaan.  Dalam kondisi yang kaget dan panik, lantas Sumini membukakan pintu dengan mengabaikan pesan yang sudah diberikan suaminya sesaat sebelum suaminya meninggalkan dirinya di rumah seorang diri. 

Saat Sumini sudah membukakan pintu, ia langsung disambut penjarahan oleh tiga perampok tersebut. Dan menurut cerita, Sumini diperkosa dan dicekik sampai meninggal oleh perampok tersebut.  Sejak kejadian tersebut, rumah yang memiliki gaya indische itu dibiarkan kosong begitu saja. Dan menurut warga setempat, penampakan “pocong Sumi” muncul setiap pukul 22.00 WIB. 

2. Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa

Bangunan yang sudah lama dibiarkan terbengkalai ini memiliki aura mistis yang disebut-sebut luar biasa. Tempat ini berlokasi di sekitar objek wisata Gunung Merapi Kaliurang.  Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa Kaliurang ini dulunya dijadikan sebagai asrama mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Namun, saat erupsi Gunung Merapi pada tahun 1994 hingga saat ini, bangunan tua tersebut terbengkalai tanpa adanya penghuni. 

Sama seperti tempat lainnya yang bila ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama akan memiliki aura horor. Tempat ini pun menjadi tampak horor, terlebih kisah mistis yang beredar di sekitar tempat tersebut yaitu adanya penampakan noni Belanda yang terdapat di balkon lantai dua. Tak hanya itu, disebut ada penampakan hantu yang diiringi oleh suara tangisan misterius. 

3. Rumah Kanthil 

Rumah Kanthil yang posisinya tidak jauh dari Rumah Pocong Sumi yaitu masih di sekitar kawasan Kotagede ini kerap masuk siaran televisi untuk program Uji Nyali, Dunia Lain.  Sesuai dengan namanya, rumah ini terdapat pohon kanthil yang pernah tumbuh besar di sana, sehingga rumah tersebut dianggap keramat. Selain itu, rumah kanthil ini disebut-sebut memiliki penunggu. 

 4. Rumah Kentang Kotabaru 

Selanjutnya, Rumah Kentang Kotabaru yang berlokasi di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tepatnya di seberang SMA Stella Duce I.  Alasan mengapa rumah ini disebut dengan rumah kentang karena terdapat cerita pilu yang berkaitan dengan kentang.  Namun, berbeda dengan Rumah Kentang Bandung, yang diyakini dengan mitos ada seorang anak kecil keturunan Belanda yang meninggal dunia setelah ia masuk ke dalam kuali kentang besar dengan api yang sedang menyala. 

Tetapi warga meyakini bahwa aroma kentang yang cukup menyengat di waktu-waktu tertentu tersebut menandakan kedatangan sosok genderuwo. Bahkan, ada pula warga yang menyaksikan penampakan noni Belanda di rumah tersebut dan makhluk gaib lainnya dengan bentuk yang sulit dicerna oleh nalar manusia. Kisah tentang rumah ini pernah dijadikan sebuah film.  Kini, rumah kentang tersebut yang sebelumnya tidak berpenghuni, sudah beralih fungsi menjadi kantor Bank BTN Syariah. 

5. Rumah Kosong Selokan Mataram 


Rumah angker yang terdapat di Jogja adalah Rumah Kosong Selokan Mataram. Bangunan tak berpenghuni yang sempat viral di Twitter ini berlokasi di sudut jalan Selokan Mataram. Pasalnya, setelah bertahun-tahun tak berpenghuni, banyak penampakan yang muncul di sekitar rumah tersebut.  Terdapat satu mitos yang mengatakan bahwa rumah tersebut sempat dijadikan sebagai kos putri yang banyak ditinggali oleh mahasiswa yang berasal dari luar Jogja sebelum dibiarkan kosong sekian lama. 

Tetapi penghuni kos tersebut tidak ada yang bertahan lama dengan alasan pernah melihat seorang yang gantung diri di tempat tersebut. Penyebabnya karena depresi sesaat setelah memergoki kekasihnya yang berselingkuh dengan teman kos lainnya hingga hamil.  Kabarnya, arwah tersebut kerap meneror penghuni kos lainnya dengan suara tangisan lirih setiap malam dan penampakan yang sedang berjalan-jalan di koridor. 

Lain cerita dengan yang disampaikan oleh salah satu penjaga angkringan setempat. Ia justru mendengar bahwa adanya pembunuhan seorang gadis penjaga butik yang dilakukan oleh kekasihnya yang dilakukan tak jauh dari letak rumah tersebut berada. Sang penjaga angkringan tersebut juga mengatakan pernah melihat sosok wanita putih melayang di depan rumah tersebut.

dia deretan rumah angker di Jogja. Sudah menentukan mana yang menurut kamu paling angker? 

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network