Banjir dan Longsor Terjang Bayah dan Cilograng, Rumah dan Persawahan Terendam

Epul Galih
Banjir di Kecamatan Bayah merendam rumah warga di jalur sekitar Sungai Cimadur pada Jumat (23/9/22). Selain Banjir terjadi longsor di Desa Bayah Timur dan Kecamatan Cilograng. Foto istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Cuaca buruk terjadi  hujan deras serta angin kuat  menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (23/9/22). Peristiwa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, banjir menerjang pemukiman warga dari luapan Sungai Cimadur hingga meluber ke jalan raya dan sempat merendam sebuah masjid di Kecamatan Bayah. Banjir kali ini lebih dahsyat dari sebelumnya. Selain banjir sejumlah rumah terdampak tanah longsor.


Longsor di wilayah Kampung Sukajaya, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah. Foto istimewa

Rohendi, Koordinator Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak membenarkan  dan petugas hingga saat ini sedang di lokasi melakukan pendataan dampak peristiwa tersebut.

"Ya, betul informasinya demikian. Tim kita juga sekarang masih melakukan pendataan di lokasi," ujarnya dihubungi iNewsPandeglang Jumat, (23/9/22).

Rohendi menjelaskan, banjir terjadi di Kampung Babakan, Desa Bayah Barat dan Kampung Hegarmanah, Desa Cimancak. Adapun tanah longsor terjadi di jalan Desa wilayah Sukajaya, Desa Bayah Timur.

Selain itu, terjadi longsor juga di Kampung Ciseel, Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng. Sedangkan di jalan Bayah-Cikotok ada pohon tumbang melintang menutupi jalan. Pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Curugbitung.

Dalam peristiwa ini kata Rohendi, tidak ada korban jiwa, namun data sementara ada tiga unit rumah terdampak longsor di Kecamatan  Cilograng. Persawahan pun di wilayah Sukajaya, Desa Bayah Timur terendam banjir. Namun hingga saat ini petugas masih melakukan pendataan.

"Rumah terendam masih dalam pendataan petugas. Ruas jalan Bayah-Cikotok sudah bisa dilalui," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network