Banjir dan Longsor Landa Baduy, Sejumlah Rumah Rusak dan Jembatan Hanyut

Epul Galih
Tangkapan layar video jembatan penyebrangan di Baduy diterjang banjir pada Minggu, (11/9/22)

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Hujan deras mengguyur wilayah Baduy, Kabupaten Lebak, Banten hingga Sungai Cibarani meluap dan menyebabkan banjir. Selain itu, terjadi longsor merusak rumah warga dan jembatan di Baduy hanyut, Minggu (11/9/2022).

Dari video yang diterima beberapa warga Baduy yang memakai baju adat sedang ada di genangan air di atas jembatan gantung bahkan air sudah memasuki jembatan tersebut.

“Betul, banjir Cibarani meluap lagi kaya dulu hujan lumayan lama dari zuhur hingga sore pos dua Cijahe pintu masuk Baduy terkena. Alhamdulillah korban jiwa gak ada namun banyak yang alami kerusakan, saat ini sudah surut," ujar Medi warga setempat Minggu, (11/9/2022).

Sementara itu, Rohendi, Koordinator Kebencanaan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kecamatan Leuwidamar mengatakan bahwa banjir terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Benar, banjir terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, saat ini kondisinya sudah mulai surut," katanya dihubungi iNewsPandeglang.

Ia menjelaskan meluapnya Sungai Cibarani mengakibatkan banjir dan longsor. Selain itu jembatan penyebrangan antar kampung rusak berat dan terbawa arus banjir.

"Jembatan di Kampung Cijahe penyebrangan ke Cikesik dan Cibeo. Selain itu, di Kampung Pamoean ada 9 rumah terkena banjir, ketinggian banjir setinggi mata kaki," katanya.

"Adapun dengan adanya longsoran mengakibatkan dua rumah rusak atasnama Ayah Jarsah dan Ayah Arsiti Kampung Cibogo, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten," tuturnya lagi.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network