Budidaya Ikan Mas Sinyonya Khas Kabupaten Pandeglang

Madani Prasetia
Budidaya Ikan Mas Sinyonya Khas Kabupaten Pandeglang. Ikan Mas Sinyonya Unggulan Pandeglang, Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi (Foto ist/iNews Tv/Madani Prasetia)

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id – Ikan Mas Sinyonnya merupakan salah satu komoditas perikanan unggulan di wilayah Kabupaten Pandeglang Banten, tepatnya di Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, yang telah dikembangkan secara turun temurun dari nenek moyang dahulu dan menjadi ikon daerah.

 

Ikan mas jenis tersebut memiliki banyak keunggulan baik dari segi rasa maupun bentuk fisiknya yang unik dan cantik.

 

Kepala Desa Bandung, Wahyu Kusnandiharja mengatakan, ikan mas sinyonya ini salah satu ikan khas Pandeglang, ikan mas sinyonya tersebut memiliki keunikan yaitu mempunyai mata yang sipit, selain itu memiliki ukuran yang besar dan panjang.

 

"Ikan mas sinyonya ini ikon atau unggulan Pandeglang, ikan mas sinyonya ini memiliki mata yang sipit dan nyaris tidak terlihat, selain itu postur yang besar serta panjang dan warna kuning emas yang menyolok. Masa hidup ikan mas sinyonya ini 20 tahun dan bobotnya mencapai 15 kilogram," katanya, Selasa (23/8/2022).

 

Ia melanjutkan, tentunya ikan emas sinyonya tersebut peninggalan nenek moyang yang harus terus dilestarikan, selain itu ikan mas sinyonya memiliki daya jual yang cukup tinggi. 

 

"Ikan mas sinyonya ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, ikan mas sinyonya ini bisa masuk dalam kategori ikan hias dan ikan konsumsi, untuk omset mencapai 20 juta perbulan, penjualan sudah sampai luar pulau Jawa dan daerah," ujarnya.

 

Sementara Camat Banjar mengungkapkan, pihaknya mendukung dengan potensi yang ada di wilayahnya tersebut seperti budidaya ikan mas sinyonya, selain itu bisa menambahkan lapangan pekerjaan sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

 

"Tentunya saya sangat mendukung penuh dengan potensi yang ada seperti ikan sinyonya selain itu ada anyaman pandan, ini bisa menambah lapangan pekerjaan, seraya berharap Kecamatan Banjar bisa lebih meningkat sektor UMKM baik sektor usahanya sehingga kesejahteraan perekonomian masyarakat lebih baik," ungkapnya. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network