BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening Bakal Didapat Pekerja, Ini 6 Fakta Tanda-tandanya

Tim Okezone
BLT Subsidi Gaji Cair (foto ilustrasi Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - BLT subsidi gaji Rp1 juta akan cair ke 8,8 juta pekerja. Tapi, hingga kini pemerintah belum memastikan kapan BLT subsidi gaji ini cair.

Sebelumnya, Ombudsman usul penerima BLT subsidi gaji diberikan juga kepada pekerja informal dan yang terkena PHK.

Menurut, Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng, target sasaran penerima BSU perlu ditambah dengan memasukkan kategori pekerja informal. Usulan ini pun agar dapat mengurangi kesenjangan pendapatan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kita tahu tidak semua pekerja masuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Masih cukup banyak pekerja yang belum menjadi peserta juga mereka yang pekerja informal. Sehingga kesenjangan pendapatan pekerja masih ada,” ujarnya.

Dirangkum Okezone, Senin (25/7/2022), berikut fakta tanda-tanda BLT subsidi gaji cair:

1. Jumlah yang Diterima

Pekerja yang akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp1 juta pada tahun ini. Di mana BLT subsidi gaji 2022 menyasar 8,8 juta pekerja dengan anggaran Rp8,8 triliun.

2. Dapat Notifikasi

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

3. Tak Memenuhi Syarat

Kemudian, Anda juga mendapatkan notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), apabila Anda tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

4. Data Tak Sesuai

Jika data Anda tak sesuai maka akan dapat notifikasi. Serta jika Anda memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 namun data Anda belum masuk dalam tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan juga akan diberitahu.

5. Notifikasi Tak Lolos

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila belum memenuhi syarat.

6. Notifikasi Pencairan Dana

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila dana Bantuan Subsidi Upah telah tersalurkan ke rekening Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) Anda.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network